PROFIL KECAMATAN ANGGABERI


PROFIL KECAMATAN ANGGABERI

  Kecamatan Anggaberi adalah merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Konawe No. 6 Tahun 2005 tanggal 25 Mei 2005, tentang Pembentukan Kecamatan Anggaberi yang diresmikan pada tanggal 20 Juli 2005.

Luas Wilayah Kecamatan Anggaberi adalah 93.044 Km2 dengan jumlah Kelurahan sebanyak 5 Kelurahan yang terdiri dari: Kel. Anggaberi, Parauna, Unaasi, Lawulo dan Andabia, serta lokasi desa persiapan yaitu: Lerehoma, Wunduongohi dan Parauna Selatan. Kecamatan Anggaberi dibatasi dengan beberapa wilayah lainnya diantaranya Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Lasolo (Kab. Konawe Utara), Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Wawotobi, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Unaaha dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Tongauna.

Sementara itu Jumlah Penduduk di Kecamatan Anggaberi berjumlah 5.771 Jiwa dengan rincian Penduduk Laki-laki 2.776 Jiwa dan Perempuan 2.995 Jiwa dengan Kepala Keluarga berjumlah 1.410 KK dengan klasifikasi 753 KK Miskin dan 201 KK Sangat Miskin serta jumlah A-RTM sebanyak 2.842 Jiwa dan A-RTSM sebanyak 770 Jiwa. Jumlah wajib Pilih sebanyak 4.213 Jiwa dengan rincian Laki-laki 2.062 Jiwa dan Perempuan 2.151 Jiwa.

Kecamatan Anggaberi merupakan salah satu Kecamatan yang masuk dalam daftar Kecamatan yang berpartisipasi dan terdanai dalam pelaksanaan PNPM-MP untuk Wilayah Kabupaten Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2010 DOK Perencanaan sebesar Rp. 34.800.000,- ; DOK Pelatihan Masyarakat sebesar Rp. 15.685.000,-Dana Bantuan (BLM) sebesar Rp. 1.750.000.000. Sedangkan untuk Tahun Anggaran 2011 DOK Perencanaan sebesar Rp. 46.000.000,- ; DOK Pelatihan Masyarakat sebesar Rp. 43.990.000,-Dana Bantuan (BLM) sebesar Rp. 1.750.000.000,-

Perihal konawe admin
Black-Id

6 Responses to PROFIL KECAMATAN ANGGABERI

  1. Risman mengatakan:

    PNPM di kec. Anggaberi tidak sepenuhnya berjalan mulus. ini dibuktikan dengan munculnya permasalahan di kelurahan toriki yang baru-baru ini dimekarkan dari kelurahan parauna. masalah yang dihadapi adalah terpilihnya ketua TPK kelurahan toriki banyak menuai protes terutama dari lingkungan 1 kelurahan tersebut. apalagi protes tersebut didukung pula oleh aparat kantor kelurahan parauna serta sebagian unsur dari PNPM yang ada di kecamatan anggaberi, sehingga penyelenggaraan PNPM untuk kelurahan toriki sampai sekarang belum berjalan. siapa yang harus menyelesaiakan permasalahan ini dan haruskah hasil pemilihan tersebut dibatalkan padahal semua agenda berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan?mohon kiranya dari pihak yang bertanggungjawab dapat membantu menyelesaikan masalah ini…

  2. Arif dan Bijaksana mengatakan:

    Bukan berarti tidak difasilitasi tentang pembangunan sapras di kelurahan Toriki akan tetapi Program PNPM MPD selalu berpijak pada aturan dan perundang-undangan (Perda pemekaran). Pertanyaan kemudian kapan kelurahan Toriki di defenitifkan menjadi kelurahan yang defenitif, karena ini dasar menjadi penganggaran untuk pembangunan bagi desa / Kelurahan yang dimekarkan.

    • Risman mengatakan:

      kelurahan toriki dimekarkan pada bulan April tahun 2012 sesuai Perda kab. Konawe No. 6 tahun 2012 tentang pembentukan Kelurahan Tobeu, inolobunggadue, Asambu dan kelurahan Toriki menjadi kelurahan.

      • Jihan mengatakan:

        Kalau gitu bapak risman harus bisa buktikan secara administrasi donk, bukan hanya sebatas lisan. klu bpk sebutkan sesuai perda nah sekarang perdanya mana??????? gitu aja kok repot…..

  3. ayah riski gorontalo mengatakan:

    kenapa harus pisah mending bersatu saja membanggun parauna,,,jadi kelurahan yg teladan

  4. Sabri mengatakan:

    isu legalitas penyelenggaraan pemerintahan Toriki :
    1. Apa dasar hukum pembentukan kelurahan Toriki?
    2. Apakah syarat-syarat pembentukan kelurahan Toriki telah dipenuhi?
    2. apakah kelurahan Toriki telah memilik organisasi pemerintahan?
    3. Apakah pelantikan pemerintah Toriki telah dilakukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: